Julia Amanda

My blog, my life, and obviously my rule.

Work Breakdown Structure (WBS) dalam hal yg berguna untuk manajemen proyek dan rekayasa sitem, adalah alat yang digunakan untuk mendefinisikan dan kelompok sebuah proyek yg diskrit elemen kerja dengan cara yang membantu mengatur dan menentukan ruang lingkup kerja total proyek.

Pada dasarnya WBS merupakan suatu daftar yang bersifat top down dan secara hirarkis menerangkan komponen-komponen yang harus dibangun dan pekerjaan yang berkaitan dengannya.

Model WBS memberikan beberapa keuntungan, antara lain :

* Memberikan daftar pekerjaan yang harus diselesaikan
* Memberikan dasar untuk mengestimasi, mengalokasikan sumber daya, menyusun jadwal, dan menghitung biaya
* Mendorong untuk mempertimbangkan secara lebih serius sebelum membangun suatu proyek .

Beberapa model pendekatan bisa digunakan untuk menghitung perkiraan waktu yang diperlukan :

• Most optimistic : Merupakan waktu ideal untuk menyelesaikan pekerjaan, diasumsikan segala sesuatunya berjalan lancar, dan sempurna.

• Most likely : Merupakan waktu yang dibutuhkan pada kondisi kebanyakan, tipikal dan normal.

• Most pessimistic :Merupakan waktu yang dibutuhkan ketika keadaan paling sulit terjadi.

WBS pada penulisan ilmiah saya yang berjudul “Pembuatan Aplikasi Pembelajaran Bahasa Inggris Dengan Menggunakan Adobe Flash CS3” sebagai berikut :

1. Mengumpulkan data

Penulis melakukan pengumpulan data-data yang diperlukan tentang pembelajaran bahasa inggris dengan mencari gambar-gambar melalui internet dan mencari aplikasi sejenis yang ada.

2. Pemilihan software dan penggunaan hardware

Hardware yang digunakkan adalah Processor Intel(R) Core(TM)2 Duo CPU T5870 @2.00 GHZ, RAM 2 GB, 512 MB dan harddisk 60 GB. Monitor dengan warna 32-bit dan kemampuan resolusi sebesar 1024 x 768(minimal 15” dengan resolusi 800 x 600).

3. Uji coba

Uji coba aplikasi didahului dengan proses debugging. Program yang sudah valid dan terverifikasi, selanjutnya dijalankan selama beberapa kali. Hal yang diperhatikan selama penjalanan program adalah konsistensi outputyang dihasilkan.

0 komentar:

Posting Komentar